#bawahfooter { margin:0; padding:0; text-align:center; } #bawahfooter1 { margin:10px 0 10px 0; padding:0;

About

Assalamualaikum wr.wb hallo para pembaca,sampai dimana bacaan anda ? jangan segan atau malas untuk membaca yah, karena ada banyak manfaat dari membaca. mengenai buku apa yang dibaca itu tergantung selera kalian masing-masing tapi saya sarankan untuk membaca bacaan yang positif karena itu akan mengubah pola pikir kalian secara otomatis. jangan lupa difollow juga blognya

Sabtu, 13 September 2014

BAHAYA TIDUR DI PAGI HARI



Bagi anda yang pekerja keras, aktivitas ini pasti jarang anda dapatkan sepenuhnya dan sudah tidak asing lagi bagi anda, yaitu tidur. Kegiatan ini memang diperlukan oleh tubuh untuk mengembalikan energy yang kita keluarkan pada aktivitas di siang hari sewaktu bekerja. Beberapa hal yang pastinya berkaitan dengan keutamaan tidur yaitu diwaktu selepas malam ketika tubuh sudah merasa lelah dan butuh untuk tidur. Ada baiknya tidur kurang lebih 6 jam untuk dewasa dan 7-8 jam bagi anak-anak. Namun pada kondisi sekarang ini kadang-kadang kita menyepelekan hal tersebut karena tugas yang menumpuk dan harus mengerjakannya hingga larut malam. Akibatnya kualitas tidur jadi menurun karena waktu tidur yang berkurang. Bangun pada pagi hari untuk membereskan tugas lagi. Sehingga apabila tugas tersebut selesai diwaktu pagi pasti anda akan memutuskan untuk tidur kembali. Hal inilah yang akan kita bahas. Bahaya tidur di pagi hari. 


Kita tahu bahwa waktu pagi adalah waktu yang baik bagi kesehatan untuk mengolah tubuh dan penuh berkah. Akan tetapi, pada kenyataannya kita banyak melihat orang-orang melalaikan waktu yang mulia ini. Waktu yang seharusnya dipergunakan untuk bekerja, melakukan ketaatan dan beribadah atau beraktivitas. Ternyata dipergunakaan untuk tidur dan bermalas-malasan, meskipun dengan alasan pekerjaan.
Kita dapat melihat ini dari penuturan Ibnul Qayyim ketika menjelaskan tentang masalah banyak tidur yaitu ketika kita banyak tidur hal tersebut dapat mematikan hati dan membuat badan merasa malas serta membuang-buang waktu. Ingatlah bahwa orang-orang sholih terdahulu sangat membenci tidur pagi.

Waktu tidur yang paling bermanfaat yaitu :

  •  Tidur ketika sangat  
  •    Tidur di awal malam –ini lebih manfaat daripada tidur di akhir malam-, 
  • Tidur di pertengahan siang –ini lebih bermanfaat daripada tidur di waktu pagi dan sore-.

 Apalagi di waktu pagi dan sore sangat sedikit sekali manfaatnya bahkan lebih banyak bahaya yang ditimbulkan, lebih-lebih lagi tidur di waktu ‘Ashar dan awal pagi kecuali jika memang tidak tidur semalaman.

Menurut para salaf, tidur yang terlarang adalah tidur ketika selesai shalat shubuh hingga matahari terbit. Karena pada waktu tersebut adalah waktu untuk menuai ghonimah (pahala yang berlimpah). Mengisi waktu tersebut adalah keutamaan yang sangat besar, menurut orang-orang sholih., Sehingga apabila mereka melakukan perjalanan semalam suntuk, mereka tidak mau tidur di waktu tersebut hingga terbit matahari. Mereka melakukan demikian karena waktu pagi adalah waktu terbukanya pintu rizki dan datangnya barokah (banyak kebaikan).” (Madarijus Salikin, 1/459, Maktabah Syamilah) Ada baiknya mengisi waktu di pagi hari dengan hal-hal yang bermanfaat.

BAHAYA TIDUR PAGI

  •  Tidak sesuai dengan petunjuk Al Qur’an dan As Sunnah. 

  • Bukan termasuk akhlak dan kebiasaan para salafush sholih (generasi terbaik umat ini), bahkan merupakan perbuatan yang dibenci
  • Tidak mendapatkan barokah di dalam waktu dan amalannya.
  • Menyebabkan malas dan tidak bersemangat di sisa harinya.
Maksud dari hal ini dapat dilihat dari perkataan Ibnul Qayyim. Beliau rahimahullah berkata, “Pagi hari bagi seseorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tuanya.” (Miftah Daris Sa’adah, 2/216). Amalan seseorang di waktu muda berpengaruh terhadap amalannya di waktu tua. Jadi jika seseorang di awal pagi sudah malas-malasan dengan sering tidur, maka di sore harinya dia juga akan malas-malasan pula.
  • Menghambat datangnya rizki.

Ibnul Qayyim berkata, “Empat hal yang menghambat datangnya rizki adalah
  •  tidur di waktu pagi, 
  • sedikit sholat,
  •  malas-malasan 
  • dan [4] berkhianat.” (Zaadul Ma’ad, 4/378)
  • Menyebabkan berbagai penyakit badan, di antaranya adalah melemahkan syahwat.

Itulah permasalahan yang harus kita selesaikan. Kadang kita dituntuk menjadi orang yang profesional dalam mengerjakan tugas atau menyelesaikan pekerjaan namun ingat juga bahwa jadi manusia juga harus professional jika laper waktunya makan ya makan, jika ngantuk waktunya tidur ya kita harus menyisihkan sabegian waktu untuk tidur. Mau tidak mau karena tubuh ini bukan mesin kantor yang bisa digunakan secara nonstop. Demikian informasi yang bisa disampaikan, sekurangnya itu bermanfaat bagi kalian yang membaca. Terima kasih “SAYANGI TUBUHMU”.

0 komentar

Posting Komentar

Followers

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.