#bawahfooter { margin:0; padding:0; text-align:center; } #bawahfooter1 { margin:10px 0 10px 0; padding:0;

About

Assalamualaikum wr.wb hallo para pembaca,sampai dimana bacaan anda ? jangan segan atau malas untuk membaca yah, karena ada banyak manfaat dari membaca. mengenai buku apa yang dibaca itu tergantung selera kalian masing-masing tapi saya sarankan untuk membaca bacaan yang positif karena itu akan mengubah pola pikir kalian secara otomatis. jangan lupa difollow juga blognya

Senin, 16 Juni 2014

penyakit pada sistem eksresi manusia



Alat – alat EKSRESI pada manusia
(PENYAKIT PADA SISTEM EKSRESI)

  
Tahukah anda alat-alat ekskresi pada manusia? Pada sistem ekskresi manusia, sisa-sisa metabolisme diserap dari darah kemudian diproses, dan akhirnya dikeluarkan melalui alat-alat ekskresi . alat-alat ekskresi manusia terdiri atas ginjal dan kulit.

1.      Ginjal (Ren)


Ginjal merupakan alat ekskresi yang utama. Ginjal berbentuk menyerupai biji kacang buncis, berwarna merah cokelat. Di dalam tubuh manusia terdapat sepasang finjal yang terletak di dekat tulang-tulang pinggang.
Ginjal kiri biasanya berukuran lebih besar dari pada ginjal kanan. Ginjal kanan lebih rendah letaknya dar pada ginjal kiri karena terdesak  oleh hepar (hati). Dari masing-masing ginjal dikeluarkan zat sisa penyaringan darah berupa urine (air seni) yang dialirkan melalui ureter menuju ke kandung kemih ( vesika urnaria), kemudian melalui uretra dikeluarkan dari tubuh. Secara anatomis ginjal tersusun atas lapisan luar yang disebut kulit ginjal (korteks) dan lapisasn sebelah dalam yang disebut sumsum ginjal (medulla). Lapisan paling dalam berupa rongga ginjal yang disebut pelvis renalis. Bagian korteks mengandung jutaan alat penyaringan yang disebut Nefron.

Begitulah sekilas penjelasan dari organ dalam tubuh yang bernama ginjal. Untuk lebih luasnya anda bias baca lagi di sumber-sumber buku mengenai organ dalam tubuh. Adapun beberapa penyakit yang bisa timbul pada alat ekskresi tersebut .




Penyakit pada sistem ekskresi


Alat-alat ekskresi dapat mengalami gangguan karena adanya kelainan dan penyakit. Kelainan dan penyakit tersebut di antaranya terjadi pada ginjal dan kulit. Tahukah anda apa saja kelainan dari penyakit menyerang sistem ekskresi pada manusia ?

1.      kelainan dan Penyakit pada Ginjal

ginjal manusia dapat mengalami gangguan karena berbagai sebab. Beberapa jenis kelainan dan penyakit pada ginjal sebagai berikut.

  1. Baru Ginjal

Batu ginjal dapat terbentuk karena pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal, saluran ginjal, atau kandung kemih. Batu ginjal berbentuk kristal yang tidak bias larut dan mengandung kalsium oksalat, asam urat, dan kristal kalsium fosfat. Penyebabnya adalah Karena terlalu banyak mengkonsumsi garam mineral dan terlalu sedikit mengkonsumsi air. Batu ginjal tersebut lebih lanjut dapat menimbulkan hidronefrosis. Hidronefrosis adalah membesarnya salah satu ginjal karena urine tidak dapat mengalir keluar. Hal itu akibat penyempitan aliran ginjal atau tersumbat oleh batu ginjal.

  1. Nefritis

Nefritis adalah kerusakan bagian flomerulus ginjal akibat alergi racun kuman. Nefritis biasanya disebabkan adanya bakteri Streptococcus.

  1. Glukosuria

Glukosuria adalah penyakit yang ditandai adanya Glukossa dalam urine. Penyakit tersebut sering juga disebut penyakit gula atau kencing manis (diabetes melitus) . kadar glukkosa dalam darah  meningkat karena kekurangan hormone insulin. Nefron tidak mampu menyerap kembali kelebihan glukosa, sehingga kelebihan glukosa dibuang bersama urine.

0 komentar

Posting Komentar

Followers

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.